Dorong UMKM ‘Go Online’, BNI Gandeng Google

0
246
Sejumlah peserta pelatihan berfoto bersama usai kegiatan, Kamis (1/11). Iyan Arianto/SPC

Pangandaran – PT Bank Negera Indonesia (Persero) Tbk. Terus menguatkan komitmennya dalam memajukan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai tumpuan ekonomi nasional.

Terbaru, BNI menggandeng tim Google Gapura Digital untuk melatih 150 pelaku UMKM di Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya, Kamis (1/11).

Pimpinan BNI Cabang Banjar Ichlas Rusnanto dalam sambutannya menyampaikan, saat ini umat manusia hidup dalam dunia yang serba canggih karena perkembangan teknologi. Ichlas berharap, masyarakat Indonesia, khususnya pelaku UMKM, tidak hanya menjadi penonton

“Hari ini kami berinisiatif untuk mengajak UMKM memanfaatkan teknologi untuk hal yang berguna. Semoga hal ini bisa mendukung bisnis Bapak-Ibu,” ujar Ichlas dalam pembukaan kegitan yang digelar di Krisna Beach Hotel Pangandaran tersebut.

Dalam pelatihan tersebut, pelaku UMKM yang berasal dari berbagai latar belakang usaha diajarkan mengoptimalkan kinerja bisnis mereka secara daring (online) melalui bantuan aplikasi-aplikasi Google.

Salah satu fitur Google yang diperkenalkan kepada para peserta adalah Google Bisnisku, yang merupakan alat bantu bagi UMKM untuk mengoptimalkan peringkat popularitas profil usaha mereka dalam pencarian Google.

Selain mengenai Google, peserta juga diperkenalkan aplikasi akuntansi digital sebagai dasar dari manajemen usaha modern. Sesi ini dipandu oleh tim Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Ciamis.

Sebelumnya, Kepala KPP Ciamis Erry Dipawinangun dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas dukungan BNI terhadap pengembangan UMKM, khususnya di Kabupaten Pangandaran dan sekitarnya.

Salah seorang peserta pelatihan, Syamsul Arifin menyampaikan, dirinya sangat antusias mengikuti kegiatan. Materi-materi yang disampaikan, kata Syamsul, telah membuka wawasannya dalam berbisnis, terutama dalam memajukan Bumdes Desa Ciparanti, Cimerak, yang ia kelola.

“Acaranya keren, mudah-mudahan diadakan lagi,” kata Syamsul.
Tak hanya dari Kabupaten Pangandaran, kegiatan ini diikuti juga pelaku UMKM dari Kota Banjar, Kabupaten Ciamis dan Kota Tasikmalaya.