Hidup Dekat Laut, Mahasiswa Unpad Pangandaran Dilatih Siaga Bencana

0
461
PSDKU Universitas Padjadjaran (Unpad) Pangandaran saat menggelar simulasi manajemen bencana untuk mahasiswa, Selasa (14/5/2019). Andi Nurroni/SPC

Pangandaran, SPC – PSDKU Universitas Padjadjaran (Unpad) Pangandaran menggelar simulasi manajemen bencana untuk mahasiswa, Selasa (14/5/2019). Dilaksanakan di kawasan Pantai Pangandaran, simulasi digelar untuk meningkatkan kesiapsiagaan mahasiswa menghadapi bencana.

Dosen pendamping kegiatan Etika Amaliawati menyampaikan, kegiatan simulasi yang digelar merupakan bagian dari mata kuliah Manajemen Sumber Daya Lokal. Di Unpad Pangandaran, menurut Etika, manajemen bencana menjadi salah satu muatan lokal yang wajib di pelajari mahasiswa.

“Simulasi yang digelar mengambil topik banjir rob, di mana mahasiswa diajari berbagai kecakapan manajmen bencana,” ujar Etika yang merupakan koordinator matakuliah Manajemen Sumber Daya Lokal.

Beberapa keahlian yang diajarkan, menurut Etika, di antaranya mengidentifikasi korban, berkoordinasi dengan otoritas, penyelamatan dari air serta teknik pertolongan pertama.

Etika yang juga Sekretaris Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (Hipgabi) Jawa Barat berpendapat, sejak Pangandaran diterjang tsunami 2006 silam, kesiapsiagan warga menghadapi bencana harus menjadi bagian dari kehidupan warga sehari-hari. Salah satu upaya menguatkan kesiapsiagan bencana, kata dia, adalah melalui simulasi yang dilakukan berkala.

“Tadi kita lihat banyak warga yang menonton, sehingga bisa jadi pengalaman juga buat mereka, ” kata dia.

Kegiatan simulasi, Etika melaporkan, diikuti 75 mahasiswa dari lima prodi yang ada di PSDKU Unpad Pangandaran, yakni prodi Keperawatan, Perikanan, Peternakan, Ilmu Komunikasi dan Administrasi Bisnis.

Kirana Fadliawati (20) mahasiswa Prodi Keperawatan yang menjadi salah seorang peserta simulasi mengaku mendapat pengalaman berharaga dari kegiatan tersebut.

“Tentunya ilmu yang sangat berguna, apalagi saya kan di prodi keperawatan,” ujar dia.