Jembatan Putrapinggan Pangandaran Amblas

0
2356
Suasana di sekitar jembatan Putrapinggan yang amblas. (AN)
Suasana di sekitar jembatan Putrapinggan yang amblas. (AN)
Suasana di sekitar jembatan Putrapinggan yang amblas. (AN)

Pangandaran, SwaraPangandaran.Com – Jembatan Putrapinggan yang berada di Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang amblas pada Minggu (9/10) sekitar pukul 18.00. Rusaknya jembatan penghubung utama Pangandaran ke luar daerah ini menyebabkan lalu lintas dari dua arah lumpuh.

Pantau SP.Com di lokasi, jembatan dengan panjang sekitar 50 meter dan lebar 5 meter ini amblas akibat dihantam terus arus sungai yang deras.

“Jadi sebelum jembatan ini, pipa PDAM yang jebol. Tadinya kan pipa jadi pelindung, pipa enggak ada, air menghantam terus jembatan,” ujar Azam, warga Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran yang juga relawan bencana ini.

Begitu mengetahui permukaan jembatan turun, menurut Azam, para pengguna jalan berinisiatif menyetop kendaraan lain yang ingin melintas.

Berkunjung ke lokasi, Waki Bupati Pangandaran Adang Hadari menyampaikan, arus lalu lintas dari dan ke Pangandaran dialihkan melalui jalan alternatif.

“Yang dari arah Banjar dan Ciamis, dibelokan ke Cikohkol (Banjarsari). Dan dari Pangandaran juga lewat Cikembulan, ke Cikohkol,” kata Adang kepada wartawan.

Berdasarkan laporan yang ia terima, menurut Adang, terjadi penurunan tiang tengah antara 1,5 hingga 2 meter. Jika arus tidak surut, kata Adang, dikhawatirkan jembatan akan bengkok dan ambrol.

Dalam waktu dekat, kata Adang, pemerintah akan memutuskan bagaimana upaya menangani persoalan terputusnya jalur utama ini. Dua alternatifnya, kata Adang, adalah membangun jembatan beli (rangka besi) yang lebih cepat atau langsung jembatan beton.

“Kita sudah laporan ke provinsi. Saya rasa ini tidak bisa dipertahankan lagi, dan harus segera diganti,” ujar Adang.

Adang menyampaikan, saat ini Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata berada di luar kota. Rencananya, menurut Adang, Bupati akan menyambut jemaah haji Pangandaran yang tiba esok hari. Tapi karena kejadian ini, menurut Adang, Bupati pulang malam ini.

Amblasnya Jembatan Putrapinggan tak pelak mengundang rasa penasaran warga. Warga terus berduyun-duyun dan merangsek untuk melihat langsung bagaimana kondisi jembatan. Kondisi ini telihat membuat polisi kerepotan.