Kapolsek Parigi Was-was, Pemindahan Kotak Suara oleh KPU Pangandaran Tanpa Koordinasi

0
346
Petugas saat melakukan pemindahan kotak suara kedua Senin (21/1). Syamsul Arifin/SPC

Parigi, SPC- Pemindahan kotak suara dari kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran ke gudang utama penyimpanan logistik pemilu di aula Desa Ciliang tanpa pengawalan Polisi.

Kapolsek Parigi Iwan Sukarelawan mengaku sejak pagi, pihaknya tidak mendapatkan informasi perihal pemindahan logistik KPU Kabupaten Pangandaran.

“Sekecil apapun kan tetap harus koordinasi, apalagi ini pemindahan kotak suara, gimana kalau ada yang rusak atau hilang, kan polisi juga yang disalahkan,” ujarnya, Senin (21/1).

Pihaknya mengetahui pemindahan logistik pemilu dari anggotanya yang bertugas di kantor KPU. “Namun tidak ada laporan apapun mengenai pemindahan yang dilakukan sejak pukul 09.00 itu,” kata dia.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Pangandaran Muhtadin saat dihubungi melalui telepon seluler mengaku pihaknya sudah melakukan konfirmasi. Namun, pemindahan surat suara masih simpangsiur dikarenakan hujan.

“Kan mobilnya pikap, nggak pake yang tertutup, karena sudah disewa maka kita lakukan pemindahan meski tanpa pengawalan,” ujarnya.

Pengawalan, lanjutnya, baru dilakukan saat pemindahan kedua kalinya karena telat konfirmasi dengan pihak kepolisian.

“Prinsipnya kan ini bukan pergeseran, tapi pindah gudang. Kalau untuk pengawalan kan kita fokuskan saat pemindahan dari KPU ke PPK,” ujarnya.