Kebutuhan Bertambah, Listrik Bawah Tanah Disiapkan di Pangandaran

0
169
Para pekerja saat membuat lubang galian untuk jalur listrik di Deda Babakan Pangandaran, Senin (18/02). Syamsul Arifim/SPC

Pangandaran, SPC – Kebutuhan suplai listrik di Kabupaten Pangandaran terus meningkat dan diprediksi akan terus bertambah seiring kehadiran gedung-gedung baru. Sebagai solusi, PLN memasang jalur listrik bawah tanah sepanjang 25 kilometer.

Menurut Direktu PLN Rayon Pangandaran Alif Aji Suseno, pemasangan listrik bawah tanah ini bertegangan 20 Kilo Volt (KV).

“Jumlah tegangan ini hanya sementara, bisa saja nanti bertambah lagi, tergantung permintaan pelanggan,” ungkap Alif kepada SPC melalui telpon seluler Senin (18/02).

Yang dipasang sekarang kata ia, baru disiapkan untuk pembangunan Rumahsakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Pangandaran.

“Tidak hanya RSUD, jalur ini juga dipersiapkan untuk UNPAD Pangandaran di Cintaratu. apalagi kan nanti ada pusat perkantoran,” terang Alif.

Pembuatan jalur listrik bawah tanah ini ucap Alif sudah dimulai dari sejak awal bulan Februari dengan rute Gardu Induk (GI) Putrapinggan hingga Dusun Ciokong Desa Sukaresik Kecamatan Sidamulih.

“Nanti kan dilanjut lagi, dari Ciokong hingga ke tujuan akhir Kampus Unpad yang ada di Desa Cintaratu Kecamatan Parigi,” tegasnya.

Estimasi pengerjaan, menurut dia, diperkirakan pembuatan jalur listrik bawah tanah bisa rampung dalam bulan-bulan ini.

“Kalau di gardu induknya kan sudah kita ganti dan tambah travo supaya tegangan listriknya bisa stabil dan kebutuhan masyarakat terpenuhi,” imbuh Alif.