Kenapa Facebook Menyebut Pangandaran di Jawa Tengah?

0
4084
Ilustrasi. Gambar: runthetrap.com
Ilustrasi. Gambar: runthetrap.com
Ilustrasi. Gambar: runthetrap.com

Oleh Andi Nurroni

(Wartawan SwaraPangandaran.Com)

Iklan

Warga Kabupaten Pangandaran pengguna media sosial Facebook pasti kesulitan menuliskan asal kotanya dengan tepat. Kolom keterangan tempat asal (hometown) dan tempat domisili (current city) memang terhubung langsung dengan peta wilayah yang dimiliki Facebook.

Sayang, ketika mengetikan Pangandaran, baik sebagai tempat asal maupun tempat domisili, hanya muncul dua opsi, yakni “Pangandaran, Jawa Tengah, Indonesia” atau¬†“Pangandaran, Sulawesi Selatan, Indonesia”.

Kesalahan alamat peta ini telah berlangsung sejak lama. Hingga kini, telah lebih dari 66 ribu orang menyatakan berada (checked in) di “Pangandaran, Jawa Tengah, Indonesia”. Namun bisa dipastikan, tempat yang dimaksud pengguna Facebook tersebuta dalah Kabupaten Pangandaran di Jawa Barat.

Keterangan peta Facebook yang menyebutkan Pangandaran berada di Jawa Tengah sendiri jelas sebuah kesalahan. Peta tersebut diketahui tidak mengacu pada suatu nama daerah di Jawa Tengah.

Hal tersebut bisa dilihat di gambar peta Pangandaran di laman Facebook: www.facebook.com/places/Things-to-do-in-Pangandaran-Jawa-Tengah-Indonesia/100243000017388/

Pada peta tersebut, titik “Pangandaran” berada kawasan Kabupaten Pangandaran, bukan tempat lainnya di Jawa Tengah. Foto-foto pengguna Facebook yang ada di laman ini juga jelas mengacu pada tempat-tempat wisata di Pangandaran, Jawa Barat.

Kesalahan ini bisa jadi karena kekeliruan pemetaan Facebook sejak awal. Peta yang digunakan Facebook sendiri diketahui dioperasikan oleh penyedia jasa peta “Here”. Padahal dalam peta Google Map, peta Kabupaten Pangandaran dan keterangannya tertulis dengan tepat.

Kesalahan pemetaan ini bisa jadi karena Kabupaten Pangandaran berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Meski begitu, kesalahan ini bukannya tidak bisa dikoreksi.

Pada laman www.facebook.com/places/Things-to-do-in-Pangandaran-Jawa-Tengah-Indonesia/100243000017388/, pengguna bisa mengusulkan koreksi.

Pada laman tersebut, di bagian bawah, terdapat gambar peta. Di sudut kanan bawah, silakan klik item “report“. Lalu Anda akan diarahkan untuk memilih jenis laporan. Silakan pilih “border problem“.

Dari sana, Anda akan diarahkan untuk memilih tempat yang akan dikoreksi pada peta. Silakan cari dan klik tempat “Pangandaran” pada peta, lalau klik “ok” di sudut kanan bawah.

Silakan Anda masukan saran Anda pada kolom-kolom yang disediakan. Jangan lupa klik “label is also incorrect” dan silakan tuliskan perbaikan “Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia”. Setelah itu, klik “track progress” dan klik “send” di kanan bawah.

Saran perbaikan ini agaknya tidak cukup oleh satu orang saja. dengan lebih banyak orang memberikan saran perbaikan, semoga penyedia jasa pemetaan Facebook meresponsnya dengan cepat.

Upaya ini mungkin sekilas terdengar sepele. Tapi hal ini tentu perlu dilakukan agar tidak semakin banyak orang “tersesat” atau mendapat informasi yang salah, terutama wisatawan, khusunya pelancong mancanegara.

Selain Facebook, kesalahan penulisan alamat peta juga terdapat pada akun media sosial Instagram. Sementara Twitter menuliskannya dengan tepat.

 

Iklan