Kepala Dinas di Pangandaran Ini Tak Kenal Libur dalam Bekerja, Siapa Dia?

0
431
Kadisdikpora Surman saat meninjau Pembangunan di SMPN 2 Cigugur Minggu (5/8). Syamsul Arifin/SPC

Cigugur, SPC – Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) agaknya menjadi panggilan jiwa dan ladang ibadah bagi kepala dinas di Kabupaten Pangandaran yang satu ini.

Pejabat tersebut, tak lain adalah Surman, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pangandaran.

Seperti pada Minggu (5/8), meskipun hari libur, pria yang dikenal humoris ini turun tangan langsung memantau pembangunan sekolah ke Kecamatan Cigugur.

Menurut Surman, ia memang kerap memanfaatkan waktu senggang, termasuk hari libur, untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan kantor. Pasalnya, menurut Surman, pekerjaannya terlalu menumpuk, sehingga tidak cukup diselesaikan saat jam kerja.

“Hari ini kan baru tujuh sekolah dari target sepuluh, karena jauh mungkin ini akan dilanjut hari selasa sepulang kerja jika tidak ada halangan,” ujarnya kepada SPC.
Khusus pantauan pembangunan sekolah, Surman menjelaskan, hal ini dilakukan supaya sekolah-sekolah yang diberikan bantuan, baik dari Dana Alokasi Khusus (DAK) ataupun Bantuan Provinsi bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Kalau saat ini mengharapkan dari APBD (Kabupaten Pangandaran) kan tidak mungkin, karena banyak fokus yang sedang dibangun,” ungkapnya.

Supaya Masyarakat puas terhadap pembangunan yang dilakukan pemerintah, ucap Surman, pengawasan pekerjaan juga harus dilakukan dengan baik.

“Bukan berarti kami sok pintar dalam hal bangunan, tapi setidaknya kalau kita melihat dan meninjau langsung bisa faham,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengharapkan supaya tidak terjadi kesalahan pada hari nanti saat pemeriksaan oleh pihak-pihak yang lebih memiliki kewenangan.

“Kan kalau diawasi sejak dini, ini bisa ketahuan speknya seperti apa, materialnya bagus atau tidak,” paparnya.

Selama pemantauan, ia menjelaskan, sekolah-sekolah yang melakukan pembangunan baik rehab ataupun membuat ruang kelas baru umumnya sudah baik.

“Mereka sudah sadar dengan aturan aturan yang ada, seperti memasang informasi proyek supaya sesuai rencana awal dan membangun dengan teliti,” tuturnya.