Ketua DPRD Pangandaran Pilih Sapi Jantan Untuk Kurban

0
43

Pangandaran, SPC – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 3 ekor sapi dan 1 kambing.

Dari ke empat hewan kurban tersebut menurut Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Asep Noordin HMM, 1 ekor sapi merupakan hasil patungan anggota DPRD, 1 ekor sapi sumbangan dari Bank BJB, 1 ekor sapi patungan dirinya dan Sekwan Kab Pangandaran Drs. H. Yayat Kiswayat dan 1 ekor kambing sumbangan dari salahsatu pegawai di Sekretariat Dewan.

Saat menyaksikan penyembelihan hewan kurban, Asep mengungkapkan, bahwa masih ada masyarakat yang memilih sapi atau kambing betina untuk dijadikan hewan kurban pada perayaan Idul Adha.

Padahal kata Asep dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban disarankan berjenis kelamin jantan.

“Tujuannya untuk mempertahankan populasi sapi,” ungkap Asep, Jumat, 31 Juli 2020.

Biasanya menurut dia, sapi betina yang sudah cukup umur untuk dikurbankan adalah sapi betina yang sudah produktif dan bisa dikembangbiakan.

“Maka kami menyarankan kepada dinas terkait maupun MUI untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar hewan kurban yang dipilih adalah hewan jantan untuk mempertahankan populasi,” pungkasnya.