Komisi II DPRD Pangandaran Nilai Kunker ke Jateng dan Jatim Diawal Pembahasan RPJMD Sangat Tepat

0
24

Pangandaran, SPC – Komisi II Bidang Ekonomi DPRD Kabupaten Pangandaran setuju soal kunjungan kerja Bupati Pangandaran ke sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur pekan kemarin.

Kunjungan kerja Bupati yang melibatkan pemerintah daerah, DPRD, PHRI dan pelaku UMKM ke beberapa daerah tersebut bertujuan untuk melakukan studi banding terkait pengolahan sampah, UMKM, pajak dan retribusi serta pariwisata.

Iklan

Ketua Komisi II BIdang Ekonomi DPRD Kab Pangandaran Ust. Endang Hidayat mengatakan, pihaknya sangat menyetujui dengan kegiatan kunjungan kerja Bupati Pangandaran ke sejumlah daerah di Jawa Tengah maupun di Jawa Timur pekan kemarin.

“Kebetulan saya sebagai Ketua Komisi II DPRD yang sekaligus membidangi UMKM, pertanian, peternakan dan disambung dengan pariwisata. Jadi saya sangat setuju karena kegiatan studi banding tersebut diawal RPJMD untuk pembangunan kedepan,” kata Endang, Selasa, 30 Maret 2021.

Apalagi dalam kunjungan kerja tersebut, kata Endang dibarengi dengan anggota DPRD. Bahkan dirinya melihat dari hasil studi banding yang dilakukan oleh Bupati banyak hasil yang diserap dan bisa diterapkan di Pangandaran terutama salahsatunya soal pemberdayaan UMKM, lalu soal pengelolaan sampah.

“Dan yang terakhir saya sangat tertarik itu ketika melakukan studi banding ke Desa Ponggok, Klaten Jawa Tengah,” ucapnya.

Menurut Endang, Desa Ponggok Klaten bisa menghasilkan PAD yang begitu luar biasa, bahwakan dari segi profit untuk penghasilan gaji perangkat desa sudah diatas 10 juta perbulan.

“Coba bayangkan untuk penghasilan perangkat desanya saja bisa mencapai 10 juta perbulan. Kalau melihat dari segi potensi sangat berbeda dengan di kita. Di Pangandaran sangat banyak sekali potensi alamnya yang bisa dikembangkan seperti di Desa Ponggok,” ujar Endang.

Maka dirinya menegaskan, melalui Komisi II DPRD Kab Pangandaran sangat menyetujui apalagi saat ini sedang dalam pembahasan RPJMD.

Iklan