Komunitas dan Pemkab Pangandaran Bangun Kedai Kopi

0
211
Bupati Pangandaran saat melakukan simulasi seduh kopi dalam kegiatan grand opening Litera Coffee PCS. Kamis, (19/9). Andi Nurroni/SPC

Pangandaran – Komunitas kreatif dan Pemerintah Kabupaten Pangandaran berkolaborasi mendirikan kedai kopi. Kedai bernama Litera Coffee & Library tersebut mengusung tema literasi dan mengampanyekan brand-brand kopi lokal.

Sejak dibuka awal September ini, Litera Coffee menjadi basecamp baru anak-anak muda setempat. Berlokasi di Gedung Pangandaran Creative Space, di tempat ini pengunjung dimanjakan dengan suasana taman kota yang nyaman untuk membaca, mengerjakan tugas kampus, atau sekedar bersosialisasi.

Manajer Humas dan Kemitraan Litera Coffee Yusuf Al Basit menyampaikan, Litera Coffee hadir sebagai titik temu gagasan antara komunitas kreatif dengan Pemerintah Kabupaten Pangandaran.

“Awalnya kami mengusulkan gedung kreatif, Alhamdulillah diwujudkan pemerintah. Nah untuk menggerakan program-program di dalamnya, kami mendirikan unit usaha berupa kedai kopi,” ujar Yusuf kepada SPC, Jumat (20/9/2019).

Yusuf menjelaskan Litera Coffee secara khusus mengusung tema literasi, di mana pihaknya menyediakan buku-buku berbagai kategori, mulai dari novel hingga buku-buku self-help.

“Secara administratif, gedung kreatifnya kan di bawah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, jadi tema literasi ini sangat cocok,” ujar Yusuf yang juga bergiat di komunitas Rumah Plankton.

Anwar Hidayat, Manajer Operasional Litera Coffee menambahkan, dari sisi menu, pihaknya memberi perhatian khusus untuk kampanye kopi lokal. Menurut Anwar, saat ini pamor kopi Pangandaran terus meningkat dan ia yakin prospeknya bagus.

“Perkebunan kopi di Pangandaran semakin luas, kami menghasilkan kopi-kopi robusta yang punya rasa khas karena berada di dataran rendah pesisir pantai,” ujar Anwar yang juga pegiat Komunitas Kopi Pangandaran.

Selain berbagai menu kopi dan aneka minuman, menurut Anwar, Litera Coffee juga menjajakan camilan makanan berat, seperti nasi goreng, steak dan lain-lain.

Berbicara dalam Grand Opening Litera Coffee Kamis (19/9/2019) malam, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengapresiasi kiprah anak-anak muda Pangandaran yang telah menjadi mitra pemerintah dalam pengembangan ekonomi kreatif.

“Ini contoh yang bagus. Daripada hanya nyinyir di media sosial, silakan datang ke kami, sampaikan masukan-masukannya,” ujar Jeje.