Komunitas di Pangandaran Gelar ‘Skateboarding Day’

0
246
Salah satu kegiatan dalam kegiatan Sketboarding siang tadi ditaman Pangandaran Creative Space. Andi Nuroni/SPC

Pangandaran, SPC – Tak hanya di kota-kota besar, ajang tahunan para penghobi skateboard “Go Skateboarding Day” juga dirayakan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Sebanyak 50-an skateboarder antusias mengikuti rangkaian kegiatan, mulai dari parade hingga adu ketangkasan, Jumat (21/6/2019).

Koordinator komunitas Ari Herviana (28) menyampaikan, ajang “Go Skateboarding Day” tahun ini merupakan yang ketiga kali digelar di Pangandaran. Melalui kegiatan ini, Ari berharap olahraga skateboard lebih populer di Kabupaten Pangandaran.

“Kita berharap suatu hari ada pro skateboarder dari Pangandaran,” ujar Ari kepada SPC.

Ajang “Go Skateboarding Day” diawali dengan parade melintasi jalan kota dari Taman Pangandaran Creative Space (PCS) menuju Taman Pesona. Selanjutnya, adu ketangkasan skateboard digelar di Taman PCS, seperti high ollie, long ollie, best trick dan lain-lain.

Ari Herviana melaporkan, kegiatan tidak hanya diikuti penghobi skateboard dari Pangandaran, tetapi juga dari luar Pangandaran. Sebagian skateboarder, kata Ari, berasal dari Bandung, Tasikmalaya, Garut dan Banjar.

Menurut Ari, ajang Go Skateboarding Day memang dirayakan serentak di seluruh dunia setiap tanggal 21 Juni, sehingga penghobi skateboard bebas mengikuti kegiatan di manapun.

“Beberapa teman kita saat ini juga ada yang ikut di Bogor, Jogja sama Bandung,” kata Ari.

Di Pangandaran, kata Ari, olahraga skateboard semakin berkembang dalam lima tahun terakhir. Secara khusus, Ari berterimakasih kepada pemerintah yang telah memfasilitasi pembangunan skatepark.

Peminat skateboard di Pangandaran, menurut Ari memiliki latar belakang beragam, mulai dari pelajar, mahasiswa hingga profesional. Secara rutin, kata dia, komunitas skateboard di Pangandaran mengirim delegasi dalam ajang dan perlombaan skateboard di luar kota.

Kepada anak-anak muda yang ingin bergabung, Ari mempersilakan untuk datang ke Skatepark Taman PCS setiap hari.

“Kita seneng kalau ada yang baru gabung. Kalau belum punya papan, boleh coba dulu,” ujar Ari.