KPU Pangandaran Tetapkan Para Caleg Terpilih, PDIP Mendominasi

0
145

Pangandaran, SPC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran menetapkan jumlah perolehan kursi partai dan nama-nama calon anggota DPRD Kabupaten Pangandaran terpilih pada Pemilu 2019, Senin (22/7/2019). PDIP mendominasi dengan perolehan 15 kursi.

Perolehan kursi PDIP melonjak signifikan dari sebelumnya 8 kursi. Sementara perolehan kursi partai-partai pesaingnya terpaut jauh di bawah.

Di bawah PDIP, peraih kursi terbanyak berturut-turut adalah Golkar (5 kursi), PAN (5 kursi), PKB (5 kursi), PPP (3 kursi), PKS (3 kursi), Gerindra (3 kursi) dan Perindo (1 kursi).

Nasib nahas dialami Partai Demokrat dan Nasdem, di mana keduanya gagal mempertahankan Kursi di DPRD Kabupaten Pangandaran.

Ketua KPU pangandaran Muhtadin menjelaskan, proses penetapan alokasi kursi dan calon legisliatif terpilih menggunakan metode perhitungan Sainte Lague berbasis daerah pemilihan (dapil).

Jumlah perwakilan di DPRD kabupaten Pangandaran sendiri, menurut Muhtadin, adalah 40 kursi, bertambah 5 kursi dari periode sebelumnya.

“Untuk calon legislatif dengan suara tertinggi atas nama Asep Noordin dengan memperoleh 6 ribu suara lebih,” ujar Muhtadin usai memimpin Rapat Pleno Terbuka Penetapan Hasil Pemilihan Umum tahun 2019, bertempat di Hotel Krisna, kawasan wisata Pantai Pangandaran.

Menurut Muhtadin, Rapat Pleno Terbuka Penetapan Hasil Pemilu 2019 sempat tertunda beberapa waktu karena KPU Pangandaran menunggu terbitnya Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BPRK) dari Mahkamah Konstitusi (MK), yang berisi daftar gugatan pemilu di setiap kabupaten/kota.

“Awalnya BRPK untuk Pangandaran akan keluar pada awal Juli karena Pangandaran tidak ada gugatan. Tapi malah baru keluar tanggal 16 Juli kemarin dan KPU RI mengirimkan surat perintah penetapan alokasi kursi kepada kita,” kata Muhtadin.

Berikut nama-nama caleg terpilih DPRD kabupaten Pangandaran

PDIP:
1. Rara Agustin
2. Hesti Mulyati
3. Tasimin
4. Asep Noordin
5. Sri Rahayu
6. Hamdan
7. Mamat Rohimat
8. Anwar Hidayat
9. Deni Kusnani
10. Joane Irwan Suwarsa
11. Citra Pitriyami
12. Tata Sutari
13. Elon Ruslan
14. Sopiah
15. Ucup Supriatna

Golkar:
1. Muhamad Taufiq
2. Jajang Mustofa
3. Toto Suherman Heryana
4. Ade Ruminah
5. Oman Rohman

PAN:
1. Nia Sumiasari
2. Hamdi
3. Adang Sudirman
4. Alif Suhendi
5. Yen Yen Windiyani

PKB:
1. Jalaludin
2. Subariyo
3. Otang Karlian
4. Haer
5. Encep Nazmudin

PPP:
1. Asikin
2. Wowo Kustiwa
3. Jajang Ismail

PKS:
1. Solihudin
2. Miswan
3. Endang Ahmad Hidayat

Gerindra:
1. Darsum Darwanto
2. Dyah Retu Badraeni
3. Idi Supriadi

Perindo:
1. Cecep Nurhidayat