Mahasiswa STITNU Al Farabi Dirikan Taman Baca

0
274
Mahasiswa peserta program KKN STITNU Al Farabi saat berfoto bersama dalam acara Peresmian Taman Baca Masyarakat di Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak beberapa waktu lalu.

Cimerak, SPC – Mahasiswa peserta program KKN STITNU Al Farabi di Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak menggelar Festival Warga sekaligus meresmikan taman bacaan masyarakat (TBM), Sabtu (8/12).

Festival diisi sejumlah mata acara, mulai dari perpisahan KKN, Festival Cinta Al qur’an, Festival Literasi juga Festival Tumpeng. Puncaknya adalah peresmian TBM.

Koordinator program Dedi Supriatna menympaikan, TBM yang digagas tim KKN Merdesa ini nantinya akan dikelola oleh pemuda-pemudi diDesa Kertamukti. Dedi menambahkan, dalam pengelolaanya, TBM ini pun nantinya akan berkolaborasi dengan STITNU Al Farabi Pangandaran, Komunitas Belajar Sabalad, Rumah Plankton dan Irepam.

Selain itu, kata Dedi, TBM juga didukung oleh Dewan Mahasiswa STITNU Al Farabi Pangandaran, PK PMII STITNU Al Farabi, Ikatan Mahasiswa Langkaplancar (Ikmal) termasuk Pemerintah Desa Kertamukti.

“KKN Merdesa telah berakhir, tapi sebagai mahasiswa kami akan terus bergerak dan berkontribusi untuk Pangandaran. Kami akan terus membangun komunikasi dengan Desa Kertamukti, terutama untuk TBM yang sudah kami resmikan. Kami akan memaksimalkan jejaring kami untuk terus mendukung kegiatan literasi di Desa Kertamukti juga ditempat lain di Pangandaran, ” kata Dedi melalui rilis yang diterima SPC.

Dedi menambahkan, bagi warga Pangandaran dan sekitarnya yang ingin mendonasikan buku, baik baru atau pun bekas, silakan kirim lansung ke Kantor Desa Kertamukti yang beralamat di Dusun Cireuma RT. 009/RW.003 Desa Kertamukti Kec. Cimerak Kab. pangandaran.

Kepala Desa Kertamukti Asep Purnama mengapresiasi kegiatan KKN mahasiswa STITNU Al Farabi di desanya.

“KKN Merdesa telah memaksimalkan kegiatannya selama kurang lebih tiga puluh hari di Desa Kertamukti. Terbukti dari banyak program dan kegiatan yang digelar di antarannya workshop Cinta Al qur’an dan workshop literasi ke seluruh lembaga pendidikan formal dan non formal di Desa Kertamukti, workshop wirausaha juga yang terakhir menggagas dan meresmikan Taman Baca Masyarakat”, ujarnya.

Menurut Asep, pihaknya merasa terbantu dengan kehadiran KKN Merdesa. “Bagi kami KKN Merdesa dalam penyelenggaraannya telah memberikan solusi kongkret, nyata dan dapat dirasakan secara langsung oleh warga kami”, tambahnya.