Maju DPR RI Dapil Jabar X, Eks-Dirut Perhutani Bicara Wisata Pangandaran

0
295
Mustoha Iskandar saat berdialog dengan komunitas pemuda di Pangandaran, Senin (12/11). SPC/Andi Nurroni

Pangandaran, SPC – Perebutan kursi DPR RI di daerah pemilihan Jabar X (Kuningan, Ciamis, Banjar, Pangandaran) diramaikan sederet nama-nama besar. Salah satu pesohor yang turun gunung adalah Mustoha Iskandar, mantan direktur utama PT Perhutani yang maju dari Partai NasDem.

Mengharap dukungan suara dari warga Pangandaran, caleg DPR RI bernomor urut 1 ini diketahui beberapa kali mengunjungi Pangandaran dan berdialog dengan komunitas warga. Pada kunjungan terbarunya, Mustoha berdiskusi dengan komunitas pemuda, salah satunya membicang isu pariwisata.

Menurut pria asal Pamarican, Ciamis ini, Kabupaten Pangandaran memiliki masa depan cerah untuk berkembang sebagai destinasi wisata berkelas dunia. Namun begitu, menurut dia, sejumlah syarat harus dipenuhi terlebih dahulu.

“Yang tidak kalah penting dari infrastruktur adalah sumber daya manusianya. Bagaimana warga bisa benar-benar mencintai pariwsata serta menjadi bagian dari budaya wisata,” ujar Mustoha di Kampung Turis Pamugaran, Senin (12/11).

Mustoha mewanti-wanti, pembangunan pariwisata Kabuapten Pangandaran harus memberi panggung bagi kebudayaan lokal. Kebudayaan lokal, menurut dia, adalah nilai unik yang bisa menjadikan pariwisata Pangandaran khas dan berbeda dari destinasi wisata lain.

“Jangan biarkan pariwisata Pangandaran disetir oleh demand, tapi kita harus menawarkan budaya kita untuk dinikmati wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara,” ujar pria yang akrab disapa Kang Toha ini.

Secara khusus, pria lulusan Fakultas Kehutanan UGM ini berharap peran aktif generasi muda dalam membangun sektor pariwisata. Menurut Mustoha, pemuda harus jadi daya kreatif yang mendongkrak citra pariwisata Pangandaran.

“Goalsnya ini pada akhirnya tentu adalah ekonomi, yakni meningkatkan inkam perkapita warga,” tutur sahabat Presiden Joko Widodo semasa kuliah ini. (Adv).