Musim Paceklik, KUPP Pangandaran Berdayakan Nelayan

0
225
Nelayan di Batukaras mengisi libur melaut dengan program padat karya. Andi Nurroni/SPC

Pangandaran – Musim panceklik yang dipicu golombang tinggi dan angin kencang memaksa nelayan di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat berhenti melaut. Merespons kondisi ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Unit Pelaksana Pelabuhan (KUPP) kelas III Pangandaran merangkul para nelayan melalui program pemberdayaan padat karya.

Program padat karya diluncurkan di Batukaras, Rabu (24/3/2019). Sebanyak 15 nelayan diberdayakan merenovasi kantor wilayah KUPP di wilayah tersebut.

Kepala KUPP Pangandaran Kant Dicky menyampaikan, para nelayan mengerejakan sejumlah pekerjaan, seperti memasang paving block, memugar dinding dan mengecat.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membantu perekonomian masyarakat, khususnya nelayan yang sedang menghadapi musim paceklik,” ujar Dicky di Pantai Batukaras, Rabu (24/4/2019).

Dicky menyampaikan, perekonomian nelayan di Pangandaran saat ini sangat menurun akibat kondisi cuaca buruk. Program padat karya, menurut Dicky, sebagai salah satu stimulus untuk masyarakat nelayan.

Program tersebut, menurut Dicky, dilakukan selama lima hari mulai 24 – 28 April 2019. Program ini, ia menjelaskan, akan dilakukan di lima kantor wilayah kerja yang ada di KUPP Pangandaran.

Kusmawan (52), salah seorang nelayan mengaku tertolong dengan program tersebut. Kusmawan bersama rekan-rekannya berharap kegiatan serupa terus dilakukan untuk membantu perekonomian masharakat nelayan.

“Senang pak ada program ini, jadi ada pekerjaan. Kebetulan hasil tangkapan ikan sekarang berkurang,” tuturnya saat sedang bekerja bersama rekan-rekannya memperbaiki Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Batukaras Cijulang Pangandaran.