Pasar Pananjung Segera Dibangun

0
167
Sosialisasi Rencana Pembangunan Pasar Pananjung di Gedung IC Pangandaran, Senin (18/02). Syamsul Arifin/SPC

Pangandaran, SPC – Rencana pembangunan Pasar Pananjung terus digodog, Detail Enginering Design (DED) sudah hampir rampung dan dana sejumlah Rp 56 milyar sudah disiapkan untuk merevitalisasi 1.117 kios pedagang.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dalam sosialisasi rencana pembangunan Pasar pananjung di gedung Islamic Center Pangandaran menjelaskan bahwa semuanya sudah siap, tinggal menunggu hasil rembugan pedagang pasar.

“Nanti kan ada dua bangunan besar, yang satunya dua tingkat, jadi pedagang harus musyawarah, siapa yang di lantai satu dan dua nya,” Ungkap Jeje saat diwawancarai Wartawan Senin (18/02).

Penentuan penempatan pedagan kata ia dibebaskan kepada pedagang supaya tidak terjadi kecemburuan sosial dan atas mufakat bersama.

“Tekhnisnya seperi apa ya saya persilahkan kepada para pedagang, mau sistem undian atau sistem apapun yang penting aman, saya persilahkan,” imbuh Jeje.

Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran ucap Jeje akan menunggu hasil dari rembugan warga Pasar Pananjung sebelum pembangunan dimulai.

“Mau musyawarah berbulan bulan, atau bahkan hingga setahun, yang penting nanti pada saat pembangunan dimulai sudah tidak ada masalah di internal pedagang” tegas Jeje.

DED, kata Jeje, sudah hampir selesai, bahkan tambah ia, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan memberi masukan mengenai tipe pasar.

“Untuk lahan parkir sudah ada, kalau proses bongkar muat tetap di pasar, kan nanti tempatnya luas,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Pangandaran Tedi Garnida menjelaskan jumlah anggaran yang sudah disiapkan dan total pedagang.

“Untuk total anggaran kan ada Rp 56 Milyar, kalau jumlah pedagangnya ada 1117 orang yang eksis berjualan,” lpungkas