Pemerintah dan DPRD Pangandaran Studi Banding ke Kampoeng Batik di Solo, Dalam Upaya Tingkatkan UMKM

0
22

Pangandaran, SPC – Ingin meningkatkan UMKM di Pangandaran, Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran bersama DPRD melakukan studi banding ke para pelaku UMKM di Surakarta Jawa Tengah.

Dihari pertama, Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata yang juga didampingi istrinya Hj. Ida Nurlaela yang juga Ketua Dekranasda beserta rombongan SKPD dan anggota DPRD melakukan kunjungan ke beberapa pelaku UMKM pengrajin batik di destinasi Kampoeng Batik Kauman Kota Solo yang diwakili oleh Kepala Bagian Ekonomi Dadan Sugista, Kabid Prasarana Wilayah Bappeda, Kabid Pajak Dadang Solihat, Kabid Kebudayaan Aceng Hasim dan Ketua PHRI Kab Pangandaran Agus Mulyana.

Iklan

Disela-sela kujungan kerjanya, Bupati Jeje mengatakan, salahsatu agenda kunjungan kerja yaitu melihat sejauh mana keberadaan pelaku UMKM di Surakarta, sehingga bisa diterapkan untuk meningkatkan UMKM di Pangandaran sebagai daerah pariwisata.

“UMKM di Surakarta kan bagus, maka kita akan melihat sejauh mana keberadaan UMKM untuk meningkatkan UMKM di Pangandaran. Mumpung masih awal,” kata Jeje, Selasa, 23 Maret 2021.

Selain melakukan kunjungan ke pelaku UMKM, Pemerintah Daerah dan DPRD juga melakukan kunjungan kerja nya ke Pemerintah Kota Surakarta Jawa Tengah.

Dinkop UKM Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta terus mendorong kemajuan produk lokal Kota Solo agar pasarnya semakin luas.

Satu di antaranya melalui  acara  Pameran Produk Unggulan Kelurahan dan Kecamatan Solo, di  Solo Paragon Lifestyle Mall , selama empat hari yakni pada 12-15 Juni 2019 tahun lalu.

Pameran tersebut diikuti 51 kelurahan dari 5 kecamatan di Solo dengan memajang pameran produk unggulan kelurahan tersebut.

Dalam  peristiwa tersebut tampak deretan produk-produk potensial lokal, antara lain batik, kerajinan tangan, dan makanan.

Ini upaya untuk mengenalkan potensi produk lokal, agar pasar mereka lebih luas, sehingga turut serta mengerek perekonomian daerah.

Diketahui kegiatan tersebut merupakan tugas Pemkot Surakarta guna mengangkat potensi ekonomi masyarakat.

Iklan