Pemilihan Duta Baca Jawa Barat 2020, Pangandaran Jadi Kuda Hitam

0
418

Pangandaran, SPC – Dua kontestan asal Kabupaten Pangandaran dalam ajang Pemilihan Duta Baca Jawa Barat 2020 di Bandung berhasil meraih catatan menggembirakan. Tercatat tidak pernah mengirimkan delegasi dalam beberapa tahun terakhir, tahun ini delegasi Pangandaran menorehkan prestasi.

Dua delegasi Kabupaten Pangandaran atas nama Ade Khodijah (Mahasiswi UIN Bandung asal Kecamatan Cigugur) dan Aldi Nur Fadilah (Mahasiswa FISIP Universitas Galuh asal Kecamatan Cijulang) masing-masing meraih Juara Harapan 1 kategori putri dan Juara Harapan 2 kategori putra.

Atas capaian ini, salah satu kontenstan, Aldi mengaku bangga bisa turut mengharumkan nama Kabupaten Pangandaran sejajar dengan kota/kabupaten lain yang memiliki tradisi keikutsertaan lama dalam kontenstasi tersebut.

“Alhamdulillah, ini pengalaman berharga bagi saya. Semoga tentunya tahun-tahun mendatang ada penerus kami,” ujar Aldi kepada SPC Rabu (12/3/2020).

Aldi menceritakan, ia dan rekannya Ade, mula-mula dinyatakan lolos seleksi administrasi bersama 250 pendaftar dari seluruh kabupeten/kota di Jawa Barat. Selanjutnya, kata Aldi, mereka terpilih menjadi 54 finalis dari 26 kabupaten/kota di Jawa Barat.

Mulai 11 Maret 2020, Aldi menceritakan, para peserta mengikuti karantina di salah satu hotel di Kota Bandung. Kegiatan karantina, kata dia, diisi dengan pelatihan berbagai tema.
“Kami diajak mengujungi PT Biofarma terkait literasi kesehatan. Lalu kami juga diajak ke Gedung Sate dengan diberikan tantangan membuat vlog sebagai bagian dari literasi digital,” ujar anggota komunitas Rumah Plankton ini.

Selain itu, kata Aldi, peserta juga mendapat materi bahasa dan sastra, wicara publik, kepenulisan, kewirausahaan dan kepustakaan. Dari 54 peserta, menurut Aldi, disaring lagi menjadi 24 finalis. Pada 12 Maret, kata Aldi, diumumkan pengandugerahan bagi para pemenang.

“Alhamdulillah, kami terpilih menjadi juara harapan 1 kategori putri dan juara harapan 2 kategori putra,” kata Aldi.

Mengemban amanah sebagai Duta Baca, menurut Aldi, ia berharap bisa memberikan sumbangsih terhadap penguatan budaya literasi di Kabupaten Pangandaran.