Pendistribusian Sembako Bagi Warga Isoman Libatkan Anggota DPRD Pangandaran

0
59

Pangandaran, SPC – Bantuan bahan pangan atau sembako yang diberikan Pemkab Pangandaran kepada warga yang menjalani isolasi mandiri mulai didistribusikan. Uniknya pendistribusian sembako itu melibatkan anggota DPRD Pangandaran.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pangandaran Jajang Herliana mengatakan teknis pendistribusian melibatkan anggota DPRD.

Iklan

“Untuk tahap ke satu didistribusikan sebanyak 500 paket dan dibagikan oleh anggota DPRD,” kata Jajang, Kamis (23/7/2021).

Penyaluran bantuan itu akan disesuaikan dengan Daerah Pilihan (Dapil) anggota DPRD dan secara acak.

“Pola tersebut berdasarkan arahan dari Bupati Pangandaran agar anggota DPRD memahami dan tahu kondisi yang terjadi di lapangan,” kata Jajang.

Anggota DPRD yang akan mendistribusikan paket tersebut tidak hanya dari satu partai politik saja, tapi melibatkan seluruh partai politik yang ada di parlemen.

“Secara keseluruhan paket sembako yang akan disalurkan sebanyak 1.000 paket dan akan kami salurkan secara bertahap,” jelasnya.

Lebih lanjut Jajang memaparkan jika dihitung dalam bentuk uang, nilai satu paket sembako yang disalurkan untuk pasien isolasi mandiri nilainya sebesar Rp 200 ribu. Terdiri dari beras 5 kilogram, vitamin, susu, telur, mie instan dan kentang.

Padahal sebelumnya program ini akan diberikan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 500 ribu. “Ya kan diubah kebijakan ini didasari oleh keterbatasan anggaran. Kalau diberikan dalam bentuk uang tidak akan cukup karena pasien isolasi mandiri terus bertambah,” kata Jajang.

Selain itu, Jajang juga menjelaskan warga isolasi mandiri yang berhak menerima bantuan Sembako ini adalah warga yang positif COVID-19 dan isolasi mandiri sejak tanggal 7 Juli 2021.

“Warga yang menjalani isolasi mandiri yang mendapat bantuan paket tersebut kriterianya yang dinyatakan positif COVID-19 sejak 7 Juli 2021,” kata Jajang.

Salah satu anggota DPRD Pangandaran Citra Pitriyami mengatakan, adanya bantuan paket untuk warga yang menjalani isolasi mandiri yang positif COVID-19 merupakan kepedulian dari Pemerintah Daerah.

“Warga jangan melihat jumlah nilai bantuan yang diberikan, tetapi inilah kepedulian Pemkab Pangandaran kepada warga yang terpapar COVID-19,” kata Citra.

Citra berpesan kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri untuk tetap semangat dan bisa sehat seperti biasa.

“Mari kita bersama-sama untuk melawan COVID-19 dan yakin bahwa wabah yang saat ini terjadi akan segera berakhir,” kata Citra.

Iklan