Penjaga Pantai Pangandaran Dilatih Instruktur Internasional

0
100
Sejumlah instruktur asing memandu latihan para penjaga pantai di Pangandaran

Pangandaran, SPC – Para penjaga keselamatan wisata bahari di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat mendapatkan pelatihan dari para instruktur internasional yang digelar di Pantai Pangandaran, mulai Kamis (22/8/2019).

Program pelatihan ini merupakan kerjasama lanjutan antara Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Pangandaran dan International Surf Lifesaving Association (ISLA) yang bermarkas di California, Amerika Serikat.

Kepala instruktur Flavia McBride menyampaikan, pelatihan selama tiga hari tersebut bertujuan memberikan pengetahuan dasar-dasar penyelamatan, mulai dari mengenali lokasi bahaya, teknis penyelamatan, pengobatan, bahasa isyarat dalam penyelamatan dan lain-lain.

Menurut Flavia, pelatihan tersebut merupakan yang keempat kali diselenggarakan di Pangandaran. Sejauh ini, ia mengaku puas melihat perkembangan Balawista dan para penjaga pantai di Pangandaran.

“Perkembangannya sangat bagus sekali. Mereka sudah berkembang pesat sejak kami latih, bahkan sudah bisa menyelenggarakan pelatihan-pelatihan sendiri,” ujar instruktur ISLA berpangkat Letnan ini.

Pada pelatihan kali ini, menurut Flavia, timnya beranggotakan tujuh orang, yang berasal dari Amerika Serikat, Australia, Inggris dan Irlandia. Tiga di antaranya, kata dia, berasal dari California, Amerika Serikat.

Selain memberikan pelatihan, Flavia menambahkan, ISLA juga memberikan bantuan peralatan penyelamatan hingga peralatan medis.

Sekretaris Balawista Asep Kusdinar melaporkan, peserta pelatihan berjumlah 75 orang. Para peserta, kata Asep, merupakan para pengelola jasa wisata bahari di Kabupaten Pangandaran, seperti dari Pantai Pangandaran, Pantai Batukaras, Green Canyon, Citumang, Situ Cisamping, dan lain-lain.

Para pesrta yang dinyatakan lulus, menurut Asep, akan mendapatkan sertifikat yang diterbitkan langsung oleh ISLA.