[PON XIX] 164 Kuda dan Joki Akan Bertanding di Pangandaran

0
1942
Beberapa atlet mengikuti ajang uji coba PON XIX. (Andi Nurroni/SwaraPangandaran.Com)
Beberapa atlet mengikuti ajang uji coba PON XIX. (Andi Nurroni/SwaraPangandaran.Com)
Beberapa atlet mengikuti ajang uji coba PON XIX. (Andi Nurroni/SwaraPangandaran.Com)

Cimerak, SwaraPangandaran.Com – Ajang Pacuan Kuda PON XIX yang digelar di Desa Legokjawa, Kecamaan Cimerak, mulai 15 September diprediksi akan menyita perhatian warga.

Sebanyak 164 kuda-kuda terbaik dengan joki-joki unggulan dari 12 kontingen daerah akan berpacu menjadi yang tercepat dalam sejumlah nomor.

Anggota Panitia Pelaksana Cabang Berkuda PON XIX Asep Noordin merinci, selain kuda dan joki, pada cabang berkuda pacuan, akan hadir 82 angota tim pengiring (offcial) ditambah 182 panitia pelaksana.

Menurut Asep, mereka akan berebut medali dalam lima kelas, yakni Kelas A 2200 meter, Kelas A 1300 meter, Kelas C 1600 meter, Kelas D 1400, Kelas E 1200 meter.

Ia merinci, ke-12 kontingen berasal dari Sumatra Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara dan Nusa Tenggara Timur.

“Peserta masuk seminggu sebelum PON harus sudah masuk. Tapi beberapa kontingen sudah di sini menjajaki penyesuaian cuaca,” ujar Asep beberapa waktu lalu.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata menyampaikan, berdasarkan hasil evaluasi uji coba kegiatan, ada beberapa hal yang masih harus diperbaiki.

“Nanti di palintang (pembatas), akan ada pengaman, kemudian lintasan agar tidak berdebu akan disiram setiap pergantian race,” ujar Jeje seusai mengikuti evaluasi uji coba kegiatan di sekretariat Sub PB PON di Cijulang, Jumat (9/3).

Sementara di Cabang Terjun Payung, dilaporkan 90 atlet akan bertanding dalam sejumlah nomor, Mereka akan didampingi 45 official dan 210 panitia pelaksana.