Pulang Kampung, Penulis Eka Kurniawan Puji Kemajuan Pangandaran

0
379
Eka Kurniawan saat mengisi diskusi di Pangandaran Creative Space, Minggu (30/12). Syamsul Arifin/SPC

Pangandaran, SPC – Penulis Eka Kurniawan melewatkan liburan Natal dan Tahun Baru di Pangandaran. Dijumpai di sela kegiatan diskusi sastra bersama Komunitas Rumah Plankton, Minggu (30/12), Eka mengaku senang melihat perkembangan kampung halamannya.

Menurut Eka, kehadiran fasilitas publik, khususnya untuk anak-anak muda, merupakan langkah bagus untuk membangun sumber daya manusia yang unggul.

“Ya pangandaran ini kan Kabupaten yang relatif baru, iklim nyaman bagi para pemuda tentu harus diciptakan,” ujar Eka di taman Pangandaran Creative Space.

Eka mencontohkan, keberadaan Pangandaran Creative Space dan komunitas Rumah Plankton, menjadi titik terang bagi perkembangan kreativitas, tak terkecuali di bidang literasi.

“Banyak sekali perubahan yang terjadi setelah saya tidak di Pangandaran, ada yang hilang, tapi banyak juga ruang publik baru yang sudah dibangun,” ungkapnya.

Keberadaan taman sebagai ruang publik, kata Eka, sangatlah penting. Selain untuk menunjang perekonomian masyarakat, menurut dia, taman juga menjadi sarana bertemunya warga dan perkembangan kreativitas pemuda.

“Mumpung Pangandaran masih berusia muda, tentu harus terus berinovasi,” tuturnya.

Terkait dengan fasilitas literasi, menurut Eka, sarana perpustakaan daerah, sebagaimana hadir di kota-kota besar yang dipusatkan di satu tempat, kurang tepat kalau diterapkan di Pangandaran.

“Pangandaran kan daerahnya luas, ya kalau bisa pemerintah bisa memfasilitasi perpustakaan di tiap pelosok, meski tidak besar,” imbuh Eka.

Pemerintah lokal, kata dia, juga harus mulai berpikir bagaimana caranya supaya anak daerah yang berkuliah di luar Pangandaran bisa pulang setelah lulus dan berkontribusi bagi daerah.

“Kalau mereka pulang kan bisa turut berkontribusi bagi Pangandaran,” ujar dia.