Ratusan Santri DTA Daarussalam Serentak Membaca Buku

0
135

Pangandaran, SPC – Ratusan santri DTA Daarussalam Pangandaran mengikuti program Santri Baca Buku, Jumat (2/8). Digelar di halaman madrasah DTA Daarussalam, di Dusun Kedungrejo, Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran, kegiatan berlangsung meriah.

Kegiatan Santri Baca Buku diselengarakan DTA Daarussalam bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Pangandaran. Santri dan wali santri menyambut baik adanya program ini.

“Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka menumbuhkan minat baca santri. Santri DTA Daarussalam diharapkan selain pintar mengaji tapi juga luas wawasannya melalui membaca,” ungkap kepala DTA Daarussalam Muhammad Mansur.

Acara diawali dengan edukasi pentingnya membaca dan menyanyikan lagu gemar membaca. Selanjutnya, santri diberikan waktu untuk membaca buku. Terlihat santri begitu antusias membaca buku yang yang tersedia di mobil perpustakaan keliling milik Dispusip Pangandaran.

Kabid Pengolahan Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Dispusip Pangandaran Solihudin berharap hadirnya mobil perpustakaan keliling bisa bermanfaat untuk semua elemen masyarakat.

“Program mobil perpustakaan keliling tidak hanya untuk siswa di sekolah formal tetapi juga untuk lembaga pendidikan non formal/ informal termasuk di dalamnya adalah Madrasah Diniyah,” ujar Solihudin.

Sudiono, mewakili pengurus Yayasan Badan Amal Darussalam Pangandaran (Ya BADRI) juga berharap program ini bisa menjadi program rutin dan berkesinambungan dalam rangka menumbuhkan minat baca santri sejak dini.

Para santri mengaku senang dan bahagia bisa membaca buku bersama. Diakhir acara, santri diberikan tantangan untuk mempresentasikan apa yang dibaca.

Ada beberapa santri yang memperesentasikan judul dan isi buku yang dibaca. Dan sebagai bentuk apresiasi, guru memberikan hadiah berupa permainan edukasi.