Ratusan Tentara Turun ke Pantai Pangandaran, Ada Apa?

0
216
Para tentara dilingkup Kodim 0613 Ciamis saat melakukan bersih pantai di Pantai Barat Pananjung Pangandaran Jumat (22/02). Syamsul Arifin/SPC

Pangandaran, SPC – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019, ratusan tentara turun ke Pantai Barat Pananjung Pangandaran.

Menurut Komandan Kodim 0613 Ciamis Letkol Arm Tri Arto Subagio kesadaran wisatawan yang datang ke Pangandaran untuk membuang sampah pada tempatnya masih sangat rendah.

“Tidak sedikit, masih kita temui berbagai jenis sampah plastik kemasan dan puntung rokok tersebar disekitaran pantai,” ungkapnya kepada awak media Jumat (22/02).

Kebersihan pantai, kata Tri, merupakan tanggung jawab semua pihak, baik stake holder di pemerintahan, wisatawan, ataupun masyarakat sekitar.

“Ya kalau pantainya bersih kan otomatis ini menjadi daya tarik yang sangat luar biasa baik bagi turis lokal ataupun mancanegara,” imbuh Tri.

Selain mengotori pantai, kata Tri, sampah plastik yang ada di pantai bisa saja terbawa kembali kelaut dan merusak ekosistem yang ada.

“Menjaga kebersihan harus terus digalakan, jangan hanya dilakukan pada momen momen tertentu saja, ini juga kan demi masadepan anak bangsa,” ujar Tri.