RSUD Pangandaran Dibangun Tahun ini di Wonoharjo

0
2289
Ilustrasi. Logo Departemen Kesehatan
Ilustrasi. Logo Departemen Kesehatan
Ilustrasi. Logo Departemen Kesehatan

Cijulang, SwaraPangandaran.Com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pangandaran direncanakan memasuki pembangunan fisik tahun ini. Rumah sakit ini rencananya akan didirikan di Desa Wonoharjo, Kecamatan Pangandaran.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yadi Setiadi menyampaikan, saat ini proses pembangunan rumah sakit seniali Rp 35 miliar itu sudah masuk pada pembuatan detail engineering design atau DED.

“Kemarin sudah ada pematokan di Wonoharjo, di samping SMK. Besok akan ada pengujian kualitas tanah,” ujar Yadi dijumpai di kantornya di Cijulang, Senin (13/6).

Yadi menjelaskan, pembungan fisik fasilitas tersebut diprediksi pada Agustus atau September tahun ini. Ia berharap, pada 2017, RSUD Pangandaran sudah bisa digunakan.

Yadi menerangkan, pada tahap pertama, rumah sakit yang akan dibangun adalah tipe C. Rumah sakit tipe ini, menurut Yadi, setidaknya memiliki 200 tempat tidur, 8 dokter umum dan 4 dokter spesialis.

Sementara secara keseluruhan, kata dia, total pekerja mulai dari petugas kebersihan hingga manajemen, mencapai 600 hingga 800 orang.

Yadi mengakui, soal tenaga kerja ini menjadi isu tersendiri. Ia berharap, pemerintah pusat dapat mengalokasikan PNS sebanyak-banyaknya untuk RSUD Pangandaran.

“Tapi sepertinya, sebagian besar tenaga honorer dulu,” kata Yadi.