Tamu Hotel di Pangandaran Diajak Berburu Sampah

0
125
Tamu Hotel Horison Palma Pangandaran saat turut serta berburu sampah plastik di Pantai Pangandaran, Minggu (21/4). Andi Nurroni/SPC

Pangandaran – Isu sampah plastik masih menjadi masalah lingkungan serius di Indonesia, tak terkecuali di kawasan wisata Pantai Pangandaran.

Prihatin banyaknya sampah plastik yang berserak sembarangan, manajemen Hotel Horison Palma Pangandaran membuat lomba berburu sampah bagi tamu hotel mereka.

SMM Hotel Horison Palma Ratih Anggraini menyampaikan, ajang bertajuk “Earth Saving Run” tersebut diselenggarakan sebagai bagian dari program CSR perusahaan dalam rangka memperingati HUT ketiga hotel tersebut.

Lebih-kurang 50 wisatawan mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Mereka berburu sampah plastik di kawasan Pantai Pangandaran dan area sekitar Cagar Alam Pangandaran.

Para juara, menurut Ratih, adalah mereka yang berhasil mengumpulkan sampah plastik terbanyak dalam waktu yang tercepat. Para pemenang, kata Ratih, mendapatkan hadiah berbagai hadiah yang disiapkan pihak hotel.

Ratih menyampaikan, selama ini hotelnya memang memiliki kepedulian khusus soal isu lingkungan di Pangandaran.

Sebelumnya kata Ratih, pihaknya juga menyelenggarakan ajang bertema “Save Uncal”, yakni gerakan penyelamatan rusa, satwa koleksi Cagar Alam Pangandaran.

“Lomba ini juga masih menjadi bagian dari program penyelamatan rusa, kita tahu soalnya di sini rusa sering makan sampah plastik yang dibuang sembarangan,” kata Ratih.

Selain lomba berburu sampah, kata Ratih, dalam waktu yang sama, pihaknya juga menggelar kegiatan sosial lain, yakni donor darah.

“Konsep charity ini bagian dari perayaan ulang tahun kami yang ke tiga. Tapi kami enggak ini bikin yang hura-hura, yang enggak memiliki dampak sosial,” kata Ratih.