Tangkal Hoaks, Masyarakat Diajak Cerdas Berpolitik

0
364
Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Barat Herri Hudaya saat berpidato depan Masyarakat Kalipucang beberapa waktu lalu. Syamsul Arifin/SPC

Kalipucang, SPC – Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Barat, bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat gelar Gebyar Jabar Memilih di tiga daerah. Di Kabupaten Pangandaran, kegiatan digelar Minggu (3/3), bertempat di Lapangan Terminal Kalipucang, Kecamatan Kalipucang.

Kegiatan dimaksudkan sebagai pendidikan politik serta upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 mendatang.

Menurut Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Barat Herri Hudaya, kegiatan dilakukan pertama di Kabupaten Pangandaran dan nanti akan ditutup di GOR Arcamanik Bandung.

“Ya intinya kami ingin mencerdaskan masyarakat melalui pendidikan politik yang baik dan santun,” Ungkap Herri Jumat (1/3).

Sebagai daerah strategis, Jawa Barat menjadi salahsatu kunci keberhasilan Pemilihan umum karena memiliki jumlah hak pilih terbanyak di Indonesia.

“Jumlah hak pilih yang tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Jawa Barat kan ada 31.730.042 orang, ” papar Herri.

Tingkat partisipasi masyarakat Jawa Barat terhadap Pemilu kata Heri sangat bagus. Ada di angka 80 persen.

“Kalau masyarakatnya tidak cerdas berpolitik pasti tingkat partisipasinya akan menurun, apalagi sekarang banyak hoax bertebaran,” ucapnya.

Dengan Cerdas berpolitik kata Heri tentu masyarakat tentu tidak akan mudah percaya dengan hoax dan tidak mudah diadu domba.

“Ya Jawa Barat ini kan lumaya rawan juga terhadap isue isue Suku Ras Agama dan Antargolongan (Sara), jadi jangan sampai terjadi perpecahan,” pungkasnya