‘Unpad Super Camp’ di Cimerak Targetkan 40 Ribu Pelayanan Kesehatan Gratis

0
1002
Gubernur Jawa Barat Ahmad Herywan meresmikan kegiatan Unpad Super Camp 2016 di Kecamatan Cimerak, Pangandaran. (IR).
Gubernur Jawa Barat Ahmad Herywan meresmikan kegiatan Unpad Super Camp 2016 di Kecamatan Cimerak, Pangandaran. (IR).
Gubernur Jawa Barat Ahmad Herywan meresmikan kegiatan Unpad Super Camp 2016 di Kecamatan Cimerak, Pangandaran. (IR).

Cimerak, SwaraPangandaran.Com – Univresitas Padjajaran (Unpad) menggelar pelayanan sosial besar-besaran di Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran mulai Sabtu (13/8). Kegiatan bertema “Unpad Super Camp 2016” tersebut di antaranya menyediakan berbagai pelayanan kesehatan gratis.

Pelayanan kesehatan cuma-cuma tersebut digelar di 11 desa yang ada di Kecamatan Cimerak. Tak tanggung, pihak Unpad menargetkan pelayanan pengobatan untuk 40 ribu warga. Secara khusus, pelayanan kesehatan juga mencakup operasi katarak bagi 100 warga, operasi hernia untuk 15 warga, operasi bibir sumbing untuk 4 warga dan khitan untuk 100 anak.

Kegiatan Unpad Super Camp 2016 dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak. Hadir juga dalam kegiatan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata beserta jajaran, serta Rektor Unpad Prof Tri Hanggono Achmad beserta jajaran selaku penyelenggara kegiatan.

Dalam sambutannya, Rektor Unpad Prof Tri Hanggono Achmad menyampaikan, kegiatan Unpad Super Camp 2016 menghadirkan lebih kurang 2 ribu orang sivitas akademika Unpad. Mereka adalah mahasiswa, dosen, hingga alumni Unpad.

Tri menyampaikan, gebyar pelayanan kesehatan di Pangandaran merupakan penutup dari rangkaian program sejenis di wilayah Jawa Barat Selatan, mulai dari Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya dan berujung di Pangandaran.

Di setiap wilayah tersebut, menurut Tri, kehadiran Unpad ditandai dengan pendirian fasilitas pelayanan kesehatan bernama Bumi Walagri. Di Pangandaran, Bumi Walagri didirikan di Desa Legok Jawa, Kecamatan Cimerak dan diresmikan penggunaannya mulai Sabtu (13/8).

“Dan di Pangandaran ini, sebagai gebyarnya, bukan hanya Bumi Walagri, kami juga mendirikan kampus Unpad di sini,” ujar Tri dihadapan hadirin.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sangat mengapresiasi program Unpad Super Camp tersebut. Sepanjang perjalanannya mengikuti program sejenis di wilayah Jawa Barat Selatan, menurut Heryawan, Unpad membawa tim paling banyak ke Pangandaran.

“Dengan segala hormat, kami sangat mengapresiasi pengabdian Unpad untuk Jawa Barat,” ujar Heryawan.

Selain pelayanan kesehatan, kegiatan Unpad Super Camp 2016 juga diisi berbagai mata acara lain, seperti penanaman mangrove dan peresmian taman bacaan masyarakat.