[Warta Warga] Menengok ‘Gatot Kaca’, Angkutan Para Penerjun PON XIX

0
1260

Jet

Oleh Dede Arief
Fotografer

Cijulang, SwaraPangandaran.Com – Inilah peswat CN-235 pengangkut para atlet terjun payung PON XIX yang berlokasi di Bandara Nusawiru, Cijulang. Pesawat berjuluk Gatot Kaca ini sekilas tampak tak beda dengan jenis CN-235 lainnya.

Jet 2

Namun begitu, burung besi yang menjadi bagian kekuatan Skadron Udara II Lanud Halim Perdana Kusuma ini memiliki keistimewaan. Pesawat ini merupakan platform uji coba PT Dirgantara Indonesia.

Jet 3

Perbedaannya, selain sedikit lebih besar daya tampungnya (35/49 pasukan), pesawat ini bagian sayap belakang dan hidung yang sudah terisi radar konfigurasi militer yang mampu mengendus target asing di udara dan darat. Pesawat jenis ini digunakan juga di AS sebagai pesawat pengintai jarak sedang.

Jet 4

Inilah Kapt. Penerbang Sekti Ambarawati dengan nama sandi “Kalong 328”. Dia adalah satu dari dua Pilot Wanita TNI AU yang aktif pada saat ini & bertugas di Skadron Udara 2 Halim Perdana Kusuma sebagai penerbang Pesawat Angkut CN-235.

“Kondisi angin di sini cukup ideal dan menantang bagi para penerjun payung. Itu dibuktikan dengan bisa terbangnya pesawat Gatot Kaca ini, sehari bisa take off minimal lima kali,” ujar pilot dengan lebih dari 1900 jam terbang ini.